Kamis, 19 Maret 2009

China Segera Bangun Wahana Kincir Tertinggi di Dunia

Photobucket


Inilah salah satu hal yang sudah direncanakan oleh China. China berencana membangun wahana permainan kincir tertinggi di dunia. Kincir itu akan dibangun di selatan kota Guangzhou untuk menambah minat wisatawan ke kota itu.
Kincir raksasa itu akan mejadi yang tertinggi di dunia jika tidak disebut yang terbesar. Akan didirikan berdekatan dengan menara Guangzhou TV yang memiliki tinggi 450 meter. Ditargetkan wahana permainan itu akan mulai beroperasi pada 1 Oktober 2010 atau bertepatan dengan pelaksaan Asian Games ke-16 di mana Guangzhou terpilih sebagai tempat penyelenggaraan.
“Kincir itu akan tahan dengan guncangan gempa hingga kekuatan 8 SR,” demikian dilaporkan China Daily dan dikutip Reuters, Rabu (18/3/2009). Kincir itu juga akan dibuat dari material ringan sehingga jika terjadi badai tidak akan menimbulkan kerusakan parah.
Meski tidak menyebut dimensinya, China Daily menuliskan, kincir itu akan menjadi yang tertinggi di dunia. Sebelumnya Beijing juga sudah merencanakan pembangunan kincir raksasa yang lebih tinggi dari London Eye dan Singapore Flyer.
Dengan tinggi 165 meter atau 30 meter lebih tinggi dibanding London Eye, Singapore Eye saat ini merupakan kincir tertinggi di dunia. Pada Desember lalu, sebanyak 100 orang terjebak selama 6 jam di Singapore Flyer karena terjadi arus pendek listrik yang membuat salah satu motornya tak bekerja. China rupanya sudah tidak mau lagi dipandang sebelah mata oleh dunia.

1 komentar:


design by kelas x-2 sareng cakhar. suported by kw_qnoy